Jumat, 15 November 2013

Efek Negatif Ponsel Bagi Kesehatan

Smartphone sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Fungsinya pun tidak lagi hanya sekadar untuk berkomunikasi, tapi lebih kepada kebutuhan untuk tampil gaya dan menarik. Tapi tahukah Anda bahwa terlalu sering menggunakan smartphone bisa mengancam kesehatan Anda.
Bahkan, ponsel pintar ini juga menjadi penyebab tumbuhnya jerawat pada wajah dan perubahan postur tubuh. Seperti dikutip laman Dailymail, berikut bahaya smartphone bagi kesehatan.

Merusak mata
Anda mungkin sudah terlalu sering mendengar bahwa menatap layar ponsel terlalu lama dapat menyebabkan mata kering, peradangan pada mata dan infeksi. Namun ternyata, efek dari layar ponsel tidaklah sesederhana itu. Menurut konsultan ahli bedah di Luton & Dunstable University Hospital, Allon Barsam, ponsel dapat mempengaruhi penglihatan anak-anak dalam jangka panjang.
Anak-anak terlalu sering menatap layar ponsel saat kecil dapat mengalami rabun mata ketika mereka dewasa. Untuk mengurangi efek buruk layar ponsel, Anda dapat memperbesar ukuran teks pada ponsel dan tidak menggunakannya lebih dari 15 menit di waktu yang sama.

Mengubah postur tubuh
"Tubuh Anda menyesuaikan diri dengan apa yang Anda lakukan setiap hari," ujar fisioterapis, Kirsten Lord.

Ya, jika Anda sering merasa nyeri di leher atau bahu, hal tersebut bisa disebabkan karena Anda terlalu sering menundukkan kepala saat membaca sesuatu dari ponsel atau tablet pc. Posisi tersebut dapat meremukkan bagian atas tulang belakang Anda. Hasilnya Anda akan merasakan sakit, rasa lelah dan kaku pada kepala Anda.

Mengubah bentuk rahang
Penggunaan ponsel yang berlebihan juga dapat menyebabkan perubahan pada rahang. Seperti diketahui, usia menyebabkan elastisitas kulit berkurang. Tarikan kulit halus di bagian bawah akan lebih banyak jika terlalu menunduk karena melihat layar ponsel atau tablet pc. Jika ingin mengurangi efek buruk ini, biasakan melihat smartphone tepat di depan Anda, bukan di bawah permukaan dada.

Menyebabkan jerawat
Ponsel yang panas akibat terlalu lama digunakan dapat menyebabkan jerawat dan ruam pada kulit. Karena menurut penelitian, ponsel memiliki 18 kali lebih banyak kuman dibandingkan pegangan pada penyiram toilet pria. Untuk mengurangi efek buruk ini, Anda bisa menggunakan hands free saat menelepon dan bersihkan layar ponsel dengan kain yang diberi larutan garam.

Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/431125-efek-negatif-ponsel-bagi-kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar