Kamis, 11 Oktober 2012

Bahasa Indonesia

Contoh penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar

Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat diartikan pemakain beragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan mengikuti kaidah bahasa yang betul. Bahasa Indonesia yang baik dan benar itu mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran, dan bahasa yang diucapkan itu adalah bahasa yang baku. 

Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis yang terkait dengan pemakainnya yang sesuai dengan berbagai situasi dan kondisi. Pada kondisi tertentu, yaitu pada saat situasi formal penggunaan basaha Indonesia yang benar itu sangatlah menjadi prioritas utama yang sangat penting. Penggunaan bahasa seperti ini sering menggunakan bahasa yang baku. Kendala yang harus dihindari dalam menggunakan bahasa baku antara lain disebabkan oleh adanya gejala bahasa seperti interferensi, intergrasi, campur kode, alih kode, dan bahasa gaul yang tanpa disadari sangatlah sering digunakan dalam komunikasi resmi. Hal inilah yang mengakibatkan bahasa yang digunakan menjadi tidak baik.

Adapun contoh bahasa yang baik dan baik, adalah sebagai berikut:
  1. Dosen memberi tahu info kepada Mahasiswa/Mahasiswinya.
  2. Paman mengendarai mobil kesayangannya.
  3. Adik ke sekolah menggunakan sepeda.
  4. Ari membuang sesuatu ketempat sampah.
  5. Ibu pergi ke Bandung.


Contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi

Fungsu bahasa sebagai alat komunikasi yaitu sarana penyimpanan informasi kepada orang lain secara lisan maupun tulisan mengenai apapun yang ingin kita sampaikan agar orang dapat mudah mengerti maksud dan tujuan yang kita inginkan tanpa menghindari tata bahasa yang sudah ada.

Adapun beberapa macam yang digunakan sebagai alat komunikasi:
  1. Berkomunikasi melalui lisan, yaitu dalam bentuk simbol bunyi, dimana setiap bunyi memiliki ciri khasnya tersendiri. Suatu simbol bisa terdengar sama ditelinga kita tetapi memiliki makna yang sangat jauh berbeda. Misalnya kata "Sarang" dalam bahasa Korea itu artinya "Cinta", sedangkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah "Kandang atau Tempat".
  2. Berkomunikasi melalui tulisan, yaitu bahasa lisan yang lebih ekspresif dimana mimik, intonasi, dan gerakan tubuh kita dapat bercampur semua menjadi satu untuk mendukung komunikasi yang dilakukan. Lidah setajam pisau/silet, oleh karena itu sebaiknya dalam berkata-kata atau berbicara sebaiknya tidak sembarangan dan harus saling menghargai dan menghormati lawan bicara kita / target komunikasi.
Contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi:
  1. Sebagai sarana penghubung antara individu saat melakukan komunikasi apapun dan dengan siapapun dia berkomunikasi, pasti bahasa digunakan sebagai alat penghubungnya.
  2. Sebagai ciri atau identitas dari negara. Karena setiap negara memiliki bahasa yang berbeda sebagai alat komunikasi setiap individunya dan memberikan ciri khas yang bebeda disetiap negaranya.
  3. Sebagai penambah kewibawaan seseorang. Biasanya seseorang yang menggunakan bahasa yang baku dalam setiap harinya dia beraktivitas adalah orang yang memiliki wibawa yang tinggi, sebab bahasa baku itu sangat formal sekali.
  4. Sebagai cara menilai perilaku dari seseorang. Biasanya kebanyakan individu dapat dinilai perilakunya dari cara dia melakukan pembicaraan kepada individu lainnya atau lawan jenis bicaranya.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar