Minggu, 18 Mei 2014

Ancaman-ancaman melalui IT

Kebutuhan kita untuk mendapatkan informasi melalui internet saat ini semakin tinggi. Namun, masih banyak yang belum menyadari akan ancaman atau serangan apabila kita menggunakan IT. Kita baru sadar setelah data menjadi hilang, terkena virus, spyware, spam bahkan sampai komputer menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Saat ini berbagai serangan terhadap jaringan komputer dan internet semakin banyak dan berkembang. Serangan tidak hanya terhadap invidivu tertentu.

Ada serangan yang sengaja dilakukan oleh seseorang atau kelompok tertentu terhadap suatu perusahaan/lembaga untuk kepentingan pribadi mereka. Masih lemahnya sistem suatu perusahaan membuat mereka semakin berkembang dalam membuat teknik serangan-serangan baru. Berikut ini macam – macam ancaman atau serangan dari penggunaan IT :

1. Botnet

Terdiri dari dua kata, yaitu BOT (program yang otomatis) dan Net Networking). Jadi botnet merupakan program yang secara otomatis, bekerja dalam network tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan “sesuatu” secara brutal, karena semua komputer yang terhubung dalam jaringan akan diserang semuanya secara otomatis.

2. Memaksa masuk (Brute Force) dan kamus password (Dictionary)

 Menyerang database atau menyerang login prompt yang sedang aktif. Brute Force: upaya menemukan password dari account user dengan cara sistematis, mencoba berbagai kombinasi angka, huruf dan simbol.

3. Denial of Service (DoS)

Membuat layanan jaringan jadi mampet atau terhalang.

4. Spamming

Spam merupakan email/newsgroup/pesan diskusi forum yang tak diundang. Berupa iklan dari vendor atau bisa berisi kuda Trojan. Biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Mirip dengan DoS.

5. Hacker

Seseorang atau beberapa orang yang ahli dan mengetahui seluk beluk komputer, baik, software, hardware, keamanan atau jaringannya.

Kasus Cyber Crime di Indonesia

Berikut ini contoh kasus cyber crime yang terjadi di Indonesia :

1.         Pencurian dan penggunaan account internet milik orang lain.

2.         Membajak situs web.

3.         Probing dan port scanning.

4.         Virus.

5.         DoS dan DDos.

6.         Kejahatan yang berhubungan dengan nama domain.

7.         Indonesia Computer Emergency Response Team (IDCERT).

8.         Sertifikasi perangkat security.

Sumber :

http://arfimomo08.blogspot.com/2013/03/jenis-jenis-ancaman-threat-melalui-it.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar