Rabu, 01 Januari 2014

Kelebihan Dan Kekurangan Multimedia

Kelebihan dan kekurangan multimedia -  Ketika orang atau pengguna menggunakan perangkat komputer sendiri akan merasakan kekurangan dari perangkat itu sendiri, padahal komputer itu sendiri sudah termasuk dalam hal multimedia, karena terdiri dari text, graphic, audio, video dan animasi seperti definisi multimedia sendiri, untuk lebih jelasnya, baca definisi multimedia. Oleh karena itu terdapatlahkekurangan dan kelebihan multimedia yang akan kita bahas.

Bisa dibilang semua ciptaan manusia banyak mempunyai kelebihan dan kekuranganya, sepeti kelebihan dan kekurangan multimedia sendiri yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang banyak, ketika suatu fungsi berjalan pasti dibelakan fungsi itu berjalan pula kekurangan-kekurangan yang mungkin bisa menjadi pelengkap atau bisa dikembangkan lagi dari kekurangan itu sendiri. Seperti ketika jaman dahulu multimedia yang sangat terbelakang bisa dibilang karena terdiri dari beberapa pixel saja, untuk ukuran gambar atau foto. Animasi yang kurang atau masih menggunakan 2D atau 2 Dimension yang masih kotak-kotak. Tetapi sekarang setelah melihat kekurangan tampilah animasi yang halus dan bagus, bahkan bisa sepeti halnyata. Seperti film terkenal Avatar yang menggunakan multimedia yang sangat canggih.

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurang multimedia Berikut ini merupakan kelebihan dari multimedia yang dirangkum secara singkat namun mengenai semua aspek kelebihan dari multimedia itu sendiri. Kelebihan multimedia antara lain:

Kelebihan Multimedia
Berikut ini merupakan kelebihan yang dimiliki oleh multimedia:
  • Menarik perhatian, karena manusia memiliki keterbatasan pada daya ingat.
  • Media alternatif dalam penyampaian pesan, karena multimedia diperkuat dengan teks, suara, gambar, video dan animasi.
  • Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
  • Interaktif

Setelah kita melihat beberapa kelebihan multimedia, sekarang kita lihat kekurangan dari multimedia itu sendiri. Berikut ini beberapa kekurangan multimedia. 

Kekurangan Multimedia
Berikut ini merupakan kekurangan multimedia:
  • Design yang buruk akan menyebabkan kebingungan dan kebosanan atau pesan yang tidak tersampaikan dengan baik.
  • Kendala bagi orang yang memiliki terbatas seperti cacar fisik.
  • Tuntunan terhadap spesifikasi komputer yang memadai.


Kelebihan dan kekurangan dari multimedia sendiri ada karena faktor dari manusianya sendiri, seperti halnya pembuatan multimedia sendiri dikarenakan kekurangan manusia sendiri ketika mendapatkan sesuatu.

1 komentar:

  1. Hi thanks untuk info nya mba.
    Apakah Perpustakaan Gunadarma terbuka untuk publik/mahasiswa universitas lain?
    thx

    BalasHapus