Senin, 05 November 2012

Pelatihan Pengembangan Sistem E-Learning dan Konten Multimedia


E learning adalah istilah yang digunakan untuk sistem pembelajaran yang ditunjang dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), diperluas dengan memasukkan komputer, perangkat mobile seperti seluler, PDA, dan mp3 player. Pembelajaran elektronik ini juga memasukkan unsur-unsur penggunaan bahan pembelajaran berbasis web, hypermedia dalam blog, wiki, chat, ujian berbasis komputer, animasi, simulasi, permainan, learning management software, electronic voting system, survey, dengan kombinasi beragam metode yang digunakan.

Pengembangan e-Learning sangat diperlukan untuk menunjang pembelajaran konvensional serta menyiapkan media media untuk menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel, mudah untuk diakses darimana saja dan kapan saja. Dengan sistem e-learning, peserta dapat mengikuti kelas serta ikut ujian dari tempat bekerja atau tempat tinggalnya. Selain itu dengan media digital, bahan ajar e-learning dapat lebih diperkaya dengan menyediakan paduan teks, video dan audio, yang dilengkapi dengan simulasi dan animasi.

Sistem e-learning yang dimiliki suatu intitusi merupakan investasi yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Sistem ini dapat membantu menciptakan budaya belajar dan mengajar yang fleksibel sesuai dengan perkembangan tuntutan kebutuhan pembelajaran oleh masyarakat luas. Sistem ini juga dapat meningkatkan kompetisi dan kompetensi SDM tanpa harus meninggalkan tugas-tugas yang diembannya.

Pelatihan Pengembangan Sistem e-Learning & Konten Multimedia adalah pelatihan terintegrasi untuk mengembangkan sistem e-learning beserta kontennya (materi online dalam bentuk paduan teks, foto, audio, dan video). Keberhasilan dalam pengembangan
sistem e-learning ini merupakan usah abersama yang melibatkan subject-matter specialists, instructional designers serta informations technologists, dengan dukungan
penuh dari pengelola institusi. Oleh karena itu peserta pelatihan dari sebuah institusi diharapkan juga merupakan kombinasi dari beberapa unsur keahlian di atas.

Materi pelatihan akan mencakup pengantar perkembangan pendukung e-learning, filosofi, metode pembelajaran berbasi e-Learning, ragam Learning Management System (LMS), penyiapan server, pengenalan webserver & system database, pengenalan webpage, Pengenalan Editor, Instalasi, Administrasi Sistem, Administrasi USer, Administrasi Kursus, Pembuatan Konten Multimedia berbasis producer, pembuatan konten multimedia berbasis SCORM/AICC.


Sumber:
http://www.pmo.itb.ac.id/web/?page_id=115

Tidak ada komentar:

Posting Komentar